Recommended K-Dramas (2010-2013)

Ini adalah page khusus untuk K-Drama yang aku rekomendasikan. Mungkin aku nggak terlalu banyak nonton drama tapi ini lah sebagian dari beberapa drama terbaik yang pernah aku tonton~ Check my recommendation out! ^~^

P.s. Kalau ada kesalahan Link tolong beri tahu ya!

P.p.s. Bagi kalian yang mau menambahkan list rekomendasi drama ini, silahkan tulis di kotak comment, beserta dengan review kalian ya. Dengan senang hati akan di terima. Gamsahamnida~

Urutan sesuai dengan tahun dan tanggal penayangan di Korea Selatan

1.  Personal Preference (2010)

250px-PersonalTastePoster

“Chances are something people have to make.”

Title: 개인의 취향 / Kaeinui Chwihyang
Also known as: Kae In’s Taste / Personal Taste
Genre: Romance, comedy
Episodes: 16
Broadcast network: MBC

Sinopsis:
Jeon Jin Ho (Lee Min Ho) adalah laki-laki normal yang berpura-pura menjadi gay supaya ia bisa menjadi teman serumahnya Park Kae In (Son Ye Jin). Dia terkenal sebagai orang yang pandai menyembunyikan ekspresi mukanya. Dia juga orang yang sangat menjaga kebersihan, tapi dia juga mempunyai kelebihan untuk mengetahui perasaan perempuan. Kae In adalah seorang perempuan yang bisa di percaya meskipun dia mempunyai kebiasaan di khianati. Namun, itu tidak membuatnya berhenti untuk memberi seseorang kepercayaan dan begitu pula dengan Jin Ho. Bagaimana Kae In bereaksi ketika dia mengetahui teman serumahnya itu ternyata bukan gay dan lelaki itu telah jatuh cinta padanya?

Review:
Aku nggak terlalu ingat dengan drama ini karena sudah dua tahun yang lalu. Yang pasti drama ini benar-benar lucu, sweet & romantis banget. I think i’ll watch it again later~ hehehe. Must watch~ ada Lee Min Ho nya lagi!

2. Cinderella’s Sister (2010)

240px-CinderellaUnni

“Listen carefully to what I tell you. No matter where you end up or where you live, I will come find you and take care of you for the rest of your life.”

Title: 신데렐라 언니 / Cinderella Unni
Also known as: Cinderella’s Stepsister / A Modern Story of Revenge
Genre: Romance, melodrama
Episodes: 20
Broadcast network: KBS2

Sinopsis:

Sebuah adaptasi modern Cinderella. Sebagai Cinderella, Goo Hyo Sun (Seo Woo), dicintai oleh semua orang sedangkan kakak tirinya, Eun Jo (Moon Geun Young), memiliki masa lalu yang kelam dan perjuangan dengan fakta bahwa ibunya lebih peduli Hyo Matahari daripada dirinya.

Review:
Awalnya aku juga nggak tahu kenapa aku nonton drama ini, mungkin karena Yesung menyanyikan soundtrack drama ini? Hahaha, iya mungkin karena Yesung~ ><

As always, Moon Geun Young memerankan perannya dengan sangat baik. Terkadang aku merasa kesal dengan sifat Eun Jo tapi terkadang aku juga merasa kasihan dengannya. Sebagai Cinderella yang di cintai semua orang  Seo Woo juga membuat perannya terkadang di kasihani, tapi terkadang juga membuat kita kesal dengan sifatnya yang manja. Semuanya terkemas dengan baik, ceritanya juga tersampaikan, apalagi sifat-sifatnya tergambarkan dan tergaris bawahi dengan baik. Must watch!

3. Dream High (2011)

350px-Dream_High_Poster

“Sometimes there are obstacles on your way to your dreams and sometimes the obstacles become bridges leading to your dreams.”

Title: 드림하이 / Dream High
Genre: School, drama, comedy, romance
Episodes: 16
Broadcast network: KBS2

Sinopsis:
Dream High menceritakan tentang kisah 6 orang murid Kirin Art High School yang berusaha untuk menggapai mimpi mereka menjadi bintang di industri musik. Go Hye Mi (Suzy) adalah seorang murid yang mengambil jurusan musik klasik tapi ia sudah menyerahkan mimpinya demi masuk ke Kirin Art High School untuk membayar hutang ayahnya. Namun, dia tidak bisa begitu saja masuk, ada syaratnya yaitu dia membutuhkan dua orang lagi yang mau masuk ke sekolah itu. Dua murid ini adalah Song Sam Dong (Kim Soo Hyun), yang tinggal di sisi kota, dan Jin Guk (Taecyeon), yang tidak sengaja bertemu dengannya ketika Hye Mi kabur dari seorang lintah darat. Yoon Baek Hee (Ham Eun Jung), yang sebelumnya adalah sahabat Hye Mi, sekarang menjadi rivalnya di sekolah karena Hye Mi berkhianat ketika mereka di audisi bersama.

Review:
Aku tau drama ini dari page nya IU. Waktu itu aku lagi tertarik banget sama IU dan mulai searching. Karena IU adalah penyanyi aku jadi tertarik gimana kalau IU main drama, jadi aku coba nonton dan aku nggak nyesel sama sekali. Jujur aku lebih tertarik dengan cerita cinta antara Jason (Wooyoung)  & Pil Suk (IU) dari pada cinta segitiganya Suzy – Song Sam Dong – JinGook. Drama ini benar-benar pas untuk para remaja, karena menceritakan tentang bagaimana manis dan pahitnya menggapai mimpi. Jadi drama ini lebih pas untuk remaja, Must watch!

P.S. Drama ini ada Season 2 nya, tapi aku lebih suka dengan Season 1 nya.

4. 49 Days (2011)

245px-49_Days

“This today of yours is the precious tomorrow of someone who passed away yesterday”

Title: 49일 / 49 Il
Genre: Fantasy, romance
Episodes: 20
Broadcast network: SBS

Sinopsis:
Shin Ji Hyun (Nam Gyu Ri) hidup sempurna dan bahagia karena ia akan menikah dengan tunangannya, Kang Min Ho (Bae Soo Bin), tapi hidupnya yang sempurna  hancur begitu saja ketika dia mengalami  sebuah kecelakaan mobil yang membuatnya koma.

Dia diberi kesempatan kedua untuk hidup oleh sang pencabut nyawa (Jung Il Woo), tetapi dengan syarat: ia harus menemukan tiga orang di luar keluarganya yang akan menangis air mata yang tulus untuknya. Untuk melakukan ini, dia meminjam tubuh Yi Kyung (Lee Yo Won), seorang karyawan paruh waktu di sebuah toko untuk 49 hari.

Review:
Drama ini adalah drama yang paling aku suka sebelum aku nonton Rooftop Prince. Ceritanya benar-benar menarik! Kalau nggak salah aku nyelesain nonton drama ini dalam waktu kurang dari 3 hari. Awalnya aku nggak tertarik dengan drama ini, tapi waktu aku ke toko film langganan aku, drama ini direkomendasi sama yang punya toko, akhir nya aku beli dan ternyata memang benar-benar rame. Yang paling aku ingat dari drama ini adalah endingnya yang  sama sekali tidak terduga, dan kegantengan Han Kang (Jo Hyun Jae). Must watch! Apa lagi bagi fans melodrama, this drama is one of the best 😉

5. City Hunter (2011)

228px-Cityhunter

“The living should continue living on. That is life.”

Title: 시티헌터 / Sitihunteo
Genre: Action, suspense, romance
Episodes: 20
Broadcast network: SBS

Sinopsis:
Cerita ini bertempat kan di Seoul, 2011. Lee Yoon Sung (Lee Min Ho) adalah seorang yang bertalenta dan bekerja di International Communications Team di Blue House. Dia berencana untuk membalaskan dendamnya pada kelima orang politisi yang menyebabkan kematian ayahnya. Bersama dengan pengganti ayahnya, Lee Jin Pyo (Kim Sang Joong), dia membalaskan dendamnya dan berakhir menjadi “City Hunter”.

Review:
Aku belum pernah sekalipun nonton drama action kayak gini, tapi yang ini bener-bener keren & top banget! Drama ini diangkat dari Manga “City Hunter” yang di buat oleh Tsukasa Hojo. Cerita cintanya juga nggak kalah dengan actionnya. Lee Min Ho dengan kegantengannya bermain action, siapa yang nggak meleleh? Kim Na Na (Park Min Young) juga cantik banget dan pas dengan perannya. Pokoknya nonton aja, walaupun kalian nggak pernah nonton drama action, tapi yang satu ini harus di tonton! Must watch~

6. The Moon That Embraces The Sun (2012)

350px-The_Moon_That_Embraces_the_Sun

“Don’t come close! But don’t go far…”

Judul: 해를 품은 달 / Haereul Poomeun Dal
Judul Lain: The Moon Embracing the Sun / The Sun and the Moon
Genre: Romance, fantasy, period
Episode: 20
Broadcast Network: MBC

Sinopsis:
Cerita tentang cinta rahasia antara Lee Hwon (Kim Soo Hyun), seorang raja pada era Joseon dan Wol (Han Ga In), seorang shaman perempuan. Wol terlahir sebagai Heo Yeon Woo, anak perempuan dari keluarga bangsawan yang memenangkan hati putra mahkota, Hwon. Beberapa orang yang iri dengan posisi keluarganya di istana, bersekongkol untuk mengambil tahtanya sebagai putri mahkota dan nyaris mengambil nyawanya. Beberapa tahun kemudian, Hwon yang sedih atas kematian putri mahkota bertemu dengan Wol, yang sekarang menjadi shaman perempuan yang tidak ingat sama sekali dengan masa lalunya sebagai Heo Yeon Woo sang putri mahkota.

Review:
Aku jarang nonton drama yang bertempatkan di era Joseon karena sering kali ceritanya terlalu rumit. Drama ini memang cukup rumit tapi cerita di setiap episode nya selalu menarik untuk di tonton. Han Ga In benar-benar cantik dan pas menjadi tokoh utama di drama ini. Awalnya image Kim Soo Hyun di Dream High masih cukup melekat dan membuatku sedikit aneh, tapi lama-kelamaan image Kim Soo Hyun berubah menjadi seorang raja yang gagah. Menurutku kim Soo Hyun berhasil memerankan seorang raja dengan baik. Ditambah dengan ketampanan Jung Il Woo yang berperan sebagai Pangeran Yang Myung. Ceritanya dikemas dengan sangat baik, membuat penontonnya terbawa emosi ceritanya. Marah ketika peran antagonisnya melakukan sesuatu yang jahat, menangis ketika seseorang meninggal, atau ketika cerita cintanya menyedihkan

7. Rooftop Prince (2012)

240px-RooftopPrince

“Even after 300 years… I will love you.”

Judul: 옥탑방 왕세자 / Oktabbang Wangseja
Genre: Fantasy, Comedy, Romance
Episode: 20
Broadcast Network: SBS

Sinopsis:
Ketika putra mahkota Lee Gak (Micky Yoochun) terlempar 300 tahun kedepan, ke masa depan di Seoul 2012 dengan ke tiga bawahannya yaitu, Song Man Bo (Lee Min Ho), Do Chi San (Choi Woo Shik) dan Woo Young Sul (Jung Suk Won), mereka percaya bahwa itu adalah tugas mereka untuk memecahkan kasus pembunuhan Putri Mahkota untuk kembali ke Joseon.

Mereka mendarat di atap apartemen Park Ha (Han Ji Min), seorang wanita ceria dalam dirinya pertengahan 20-an, yang akhirnya percaya bahwa mereka berempat berasal dari 300 tahun yang lalu.

Seiring waktu berjalan, Park Ha mengajari mereka berempat hidup di abad ke-21, Lee Gak bertemu dengan Hong Se Na (Jung Yoo Mi), yang tampaknya menjadi reinkarnasi Putri Mahkota.

Mengambil identitas Yong Tae Yong (reinkarnasi Lee Gak yang dibunuh), Lee Gak perlahan mulai mengungkap pembunuhan Yong Tae Yong dan pada gilirannya bergerak lebih dekat untuk memecahkan kasus pembunuhan Putri Mahkota.

Saat ia menemukan dirinya jatuh cinta dengan Park Ha, ia baru sadar bahwa mungkin Putri Mahkota tidak begitu sempurna seperti yang ia kira.

Review:
Seperti Award yang di dapatkan drama ini, Excellent Korean Drama, drama ini benar-benar luar biasa! Drama ini bikin aku ketawa sampai perut rasanya sakit, tapi juga menangis sampai menghabiskan beberapa tisyu. So far, drama ini yang paling aku suka dari semua drama yang pernah aku tonton. Nice story, nice ending, castnya juga pas banget. Must Watch!

8. Love Rain (2012)

240px-LoveRain

“Love means never having to say you’re sorry.”

Title: 사랑비 / Sarangbi
Also known as: Love Rain
Genre: Romance, melodrama
Episodes: 20
Broadcast network: KBS2

Sinopsis:
“Love Rain” menggambarkan cinta murni pada era 70-an dan cinta di masa kini pada saat yang sama. Cerita ini menunjukan bagaimana remaja yang tidak pernah ditakdirkan untuk bersama, bertemu dan jatuh cinta di era 70-an. Seo In Ha dan Kim Yoon Hee, seorang murid seni dan seorang gadis cantik yang pemalu, bertemu dan jatuh cinta satu sama lain semasa kuliah di era 70-an tapi sayangnya cinta mereka tidak pernah di takdirkan untuk bersama.

Di masa kini, abad ke-21, di korea. Seo in Ha (Jung Jin Young) mempunyai anak laki-laki bernama Seo Joon (Jang Geun Suk), seorang fotografer, bertemu secara tidak sengaja dengan anak perempuannya Kim Yoon Hee (Lee Mi Sook) yaitu Jung Ha Na (Im Yoon Ah), seorang perempuan yang memiliki sifat yang terbalik dengan ibunya, menyenangkan dan bersemangat. Akankah cinta merekan untuk satu sama lain membuat mereka bersama atau akankah mereka mengalami kisah cinta tragis seperti yang dialami kedua orang tuanya?

Review:
4 Episode pertama i cried A LOT. A lot more than I’ve ever imagine! Aku nggak pernah nangis sebanyak itu waktu nonton drama. 4 episode pertama itu menceritakan tentang Seo In Ha dan Kim Yoon Hee di era 70-an. Dengan setting di masa seperti itu, ceritanya juga benar-benar manis, tapi juga benar-benar menyedihkan. Setelah episode ke empat, setting ceritanya berpindah ke tahun 2012 dan mulai menceritakan tentang Seo Joon dan Ha Na. Ceritanya benar-benar menarik, apa lagi untuk yang suka dengan melodrama, cerita ini pas banget. Walaupun mungkin agak sedikit membosan kan di tengah cerita tapi ketika klimaksnya mulai ceritanya kembali membuat penasaran lagi. Yoona nya cantik banget, dan dia berhasil memerankan dua orang yang mempunyai karakter jauh berbeda, Yoona jjang! Must watch~

9. Big (2012)

300px-Big_Poster

“Even if you say that you erased it, it doesn’t go away that easily. Love doesn’t remain in memories… It remains in the heart.”

Judul: 빅/Big
Genre: Comedy, Romance, Fantasy
Episode: 16
Broadcast Network: KBS2

Sinopsis:
Da Ran (Lee Min Jung) adalah seorang perempuan yang sudah bertunangan dengan Dr. Seo Yoon Jae  (Gong Yoo). Dia baru akan memulai pekerjaannya sebagai guru sementara di sebuah sekolah dan secara tidak sengaja bertemu dengan seorang murid pindahan dari Amerika yang bernama Kang Kyung Joon (Shin Won Ho) dan karena sebuah kebetulan mereka mengenal satu sama lain. Baru-baru ini Yoon Jae bereperilaku dingin terhadap Da Ran dan Kyung Joon tahu betapa menderitanya Da Ran, jadi ia berusaha untuk membantu hubungannya dan Yoon Jae. Akan tetapi Kyung Joon Dan Yoon Jae terlibat dalam sebuah kecelakaan dan keduanya jatuh ke dalam sungai. Yoon Jae berusaha untuk menyelamatkan Kyung Joon di dalam sungai. Di rumah sakit Kyung Joon terbangun dan mendapati dirinya berada di dalam tubuh Yoon Jae, dan tubuh Kyung Joon berada dalam keadaan koma. Hanya satu orang yang bisa ia beritahu bahwa ia bukan Yoon Jae tapi Kyung Joon adalah Da Ran.

Bagaimana dia harus bertindak sebagai Yoon Jae dan bukan Kyung Joon? Dan bagaimana Da Ran harus bersikap pada nya sekarang?

Review:
Top 5 drama ku ini, mostly bergenre fantasy. Aku juga nggak tahu kenapa tapi cerita fantasy selalu menggugah, klimaksnya seringkali membuat kita penasaran, dan endingnya dikemas dengan baik. Biasanya drama yang bagus itu selalu bikin kita penasaran dengan endingnya, tapi kalau udah deket dengan endingnya malah jadi sedih karena sebetar lagi dramanya berakhir. Nah itu lah yang aku rasain pas nonton drama ini. Intinya cerita di drama ini dikemas dengan baik, dan semua tanda tanya yang ada di film ini terjawab karena di balik semuanya pasti ada alasan. Plus, Gong Yoo nya ganteng 😉 hahaha. Must watch!

10. Reply 1997 (2012)

Reply-1997-1

“Liking someone isn’t a choice. It comes from your heart.”

Title: 응답하라 1997 / Eungdabhara 1997
Also known as: Answer to 1997 / Answer Me 1997
Genre: Youth, romance, comedy
Episodes: 16
Broadcast network: tvN
Director: Shin Won-Ho
Writer: Lee Woo-JungLee Sun-HyeKim Ran-Joo

Sinopsis:
Drama ini terfokuskan pada masa-masa grup idola meledak dan memunculkan para penggemar ekstrim yang mau melakukan apa saja demi idolanya. K-Pop pun mulai bermekaran.

Drama ini menceritakan kehidupan 6 pelajar SMA di Busan pada tahun 1997 yang bertemu kembali di Seoul pada tahun 2012. Pertemuan mereka membuat mereka kembali mengingat masa-masa SMA mereka. Kembali ke tahun 1997, ceritanya mengakar pada kehidupan Sung Shi Won (Lee Ji Eun) yang mengidolakan grup idola H.O.T yang sedang booming pada tahun itu. Bersama dengan kelima temannya, Yoon Yoon Jae (Seo In Guk), Mo Yoon Jung (Shin So Yul), Do Hak Chan (Eun Ji Won), Kang Joon Hee (Hoya), Bang Sung Jae (Lee Si Un).

Review:
Drama ini unik karena settingnya yang berbeda dari yang lainnya. PDnim nya benar-benar mengatur settingnya secara sempurna sampai ke detail barang-barang di sekelilingnya. Cerita ini memiliki banyak amanat yang disampaikan. Mulai dari percintaan, pertemanan, sampai kekeluargaan. Dicampur dengan komedi yang pas, drama ini memang pantas untuk di tonton. Sayang, ceritanya sedikit mudah di tebak meskipun mereka membuat pertanyaan “Siapakah suami dari Sung Shi Won?” Yang baru di beritahu di endingya. Overall, worth to watch apalagi yang memang kangen dengan masa-masa sekolahnya di 1997. Sepertinya nggak jauh beda dengan di Indonesia. Masa-masa pergantian pager menjadi ponsel? Tamagotchi? Tidak lupa dengan asal mula K-Pop meledak di korea! Must watch!

P.S. Drama ini ada Season 2 nya, berjudul Reply 1994. Sebetulnya kalau di bandingin aku jauh lebih tertarik dengan cerita Reply 1994, tapi endingnya sungguh sangat mengecewakan (buat aku). Jadi nggak aku masukin ke list recommended drama ini. Kalau mau tau, you can search, google is there for you 🙂

11. To The Beautiful You (2012)

320px-To-the-Beautiful-You-Poster2

“If such thing as a miracle exists, then it’s another name for hardwork.”

Title: 아름다운 그대에게 / Areumdawun Geodaeege
Judul Lain: To the Beautiful You / Hana Kimi / For You in Full Blossom
Genre: Romance, comedy, youth
Episodes: 16
Broadcast network: SBS

Sinopsis:
Pusat cerita ini berada pada Goo Jae Hee (Choi Seol Ri), seorang perempuan korea yang tinggal di Amerika. Suatu hari, dia melihat sebuah kompetisi lompat tinggi di TV, dan tertarik pada seorang peserta bernama Kang Tae Joon (Choi Min Ho).  Dia mulai mengidolakan sang atlit muda itu dan pindah ke Korea untuk masuk ke sekolah yang sama dengan Tae Joon setelah ia menderita karena kecelakaan yang bisa mengakhiri karirnya sebagai atlit. Namun, Tae Joon bersekolah di sekolah khusus laku-laki dan Jae Hee harus menyamar menjadi laki-laki untuk bisa masuk ke sekolah itu.

Review:
Selain karena drama ini bekerja sama dengan SM Entertainment, drama ini juga membuat ulang cerita Hana Kimi dari Jepang. Menurutku Hana Kimi jauh lebih lucu daripana To The Beautiful You ini karena kebanyakan dorama Jepang sering berlebihan dan malah jadi lucu. Sedangkan drama dari Korea lebih mengutamakan jalan ceritanya. Jadi masing-masing versi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ditambah dengan castnya yang good-looking semua. Mungkin ini spoiler, tapi memang sudah jelas dari awal bahwa Jae Hee bakal berakhir dengan Tae Joon, tapi how i wish Jae Hee ended up with Cha Eun Gyeol (Lee Hyun Woo)… Aku bener-bener pengen Jae Hee berakhir sama Eun Gyeol, tapi mau gimana lagi endingnya udah pasti jadi sama Tae Joon. I cried a lot because of Eun Gyeol, apa lagi pas dia sedih waktu Jae Hee lebih deket sama Tae Joon. So, just watch it, cast nya nggak bikin bosen karena good-looking semua~^^

12. The King of Dramas (2012) 

800px-TheKingOfDramas

“You know what’s crueler than money? Human ambition.”

Title: 드라마의 제왕 / Deuramaui Jewang
Also Known As: The King of Drama
Genre: Romance, Drama, Comedy
Episodes: 18
Broadcast Network: SBS

Sinopsis:
Menceritakan tentang Anthony Kim, seorang CEO brilian sebuah perusahaan produksi drama yang akan melakukan segalanya dan apa saja untuk uang. Namanya sempat jatuh hingga ia harus mengulanginya dari awal. Dalam langkahnya untuk kembali merangkak ke atas selalu saja ada masalah yang harus ia selesaikan.

Untuk mengembalikan nama dan bisnisnya ia membuat sebuah drama yang ditulis oleh Lee Go Eun, seorang penulis drama yang masih amatir, dengan Kang Hyun Min adalah artis yang akan menjadi pemeran utama drama itu, tapi sifatnya egois dan sombong.

Review:
Choi Siwon is hereeeeeeee!

Awalnya aku nggak terlalu tertarik dengan drama ini, tapi setelah aku tau bahwa peran Siwon disini adalah peran yang ‘tidak biasa’ (he’s so narcissistic, arrogant, and money lover) Jadi aku mau coba liat bagaimana seorang choi siwon di drama itu.

I was expecting Siwon from the very beginning, tapi ternyata dia keluar di episode 3. Karena niatnya liat Siwon, akhirnya aku nonton Episode 1 & 2. Setelah nonton aku jadi tertarik untuk nerusin dramanya. Because di setiap episode pasti ada problems yang kamu nggak bakal nyangka, dan bingung bagaimana Anthony Kim menyelesaikannya. Jadi aku terus-terusan nonton karena penasaran dengan kelanjutannya.

Satu kekurangan dari drama ini adalah, too much problems dan penonton nggak bisa istirahat sedikitpun. That’s why i kind of tired and stopped watching for a while, tapi setelah itu aku penasaran lagi dan nonton lagi.

Episode 1 nya aja udah full of drama, and really interesting.
You should watch it!

Plus, you can see how funny Choi Siwon is. I couldn’t even believe he can act like that. More annoying than his role in Oh My Lady!

*laugh*

13. That Winter, The Wind Blows 

250px-That_Winter,_The_Wind_Blows-p1

“I, who wants to live, met a woman who wants to die. We are clearly very different. But for some reason… at that moment, that woman seemed like me. For the first time, I became curious about that woman.”

Title: 그 겨울, 바람이 분다 / Geu Gyeo-wool, Barami Boonda
Also known as: Wind Blows in The Winter
Genre: Melodrama, romance
Episodes: 16
Broadcast network: SBS

Sinopsis:
Sebuah melodrama tentang seorang lelaki dan seorang wanita buta yang tidak percaya akan cinta. Oh Soo (Jo In Sung) adalah seorang yatim piatu yang di tinggalkan dengan rasa sakit hati oleh ibunya, dan ia juga di tinggal oleh cinta pertamanya yang sudah meninggal. Sehingga Oh Soo memulai hidupnya sebagai gambler hebat. Ia bekerja bersama sahabatnya Park Jin Sung (Kim Bum), mereka bekerja tanpa mempedulikan resiko nyawa mereka. Sedangkan Oh Young (Song Hye Kyo) adalah seorang pewaris yang benar-benar hidup sendirian. Ia memang hidup bersama ibu tirinya tapi ia benar-benar menutup dirinya dari semua orang. Saat Oh Young kecil kedua orang tuanya bercerai, dan tidak lama setelahnya kedua matanya tidak bisa melihat. Keduanya bertemu ketika Oh Young mencari saudara kandungnya, dan Oh Soo datang berpura-pura menjadi saudara kandung Oh Young karena ia dililit hutang besar yang mengancam jiwanya.

Review:
Alasan kenapa aku mulai menonton ini karena, pertama, Yesung mengisi salah satu soundtrack di film ini. Kedua, karena trailer dramanya benar-benar menarik. Ceritanya benar-benar complicated, dan membuat kita bertanya-tanya seperti apa akhirnya. Ditambah dengan Jo In Sung sebagai Oh Soo yang ganteng banget, dan Song Hye Kyo sebagai Oh Young buta yang cantik. Di Korea filmnya memang sudah selesai diputar sekitar awal April, tapi di Channel One masih diputar. This is Highly recommended! Ah, hampir lupa! Kim Bum juga main di drama ini sebagai temannya Oh Soo dan dia ganteng banget >< Watch it!

14. Dating Agency: Cyrano (2013)

Dating Agency Cyrano-p2.jpg

“Nothing happens by a mistake. It was all meant to be.”

Title: 연애조작단; 시라노 / Yeonaejojakdan; Sirano
Also known as: Dating Agency: Cyrano
Genre: Romance, Comedy
Episodes: 16
Broadcast network: tvN

Sinopsis:
Drama ini menceritakan tentang agen percintaan yang bernama Cyrano. Awalnya tempat ini adalah sebuah teater, tapi karena masalah hutang akhirnya Seo Byung-Hoon (Lee Jong-Hyuk) merubahnya menjadi agen percintaan dan mendapatkan uang dari para client nya. Terdapat 4 orang di dalam agen ini,  Gong Min-Young (Sooyoung), Moo Jin (Hong Jong Hyun), dan Ah Rang (Jo Yoon Woo).

Review:
Wah, udah lama nggak nonton RomCom~ Mungkin baru kali ini aku tertarik buat nonton drama tvN. Satu episodenya nggak selama drama-drama di SBS/MBC/KBS. Drama ini sebetulnya udah selesai, tapi bagi kalian yang punya tv kabel dan ada Channel M, bisa nonton setiap hari Senin & Selasa jam 17:50, re run nya kalau ga salah jam setengah 10.  Masih episode awal kok! Ceritanya ringan tapi tetep dapet drama nya. Nontonnya bisa senyam senyum sendiri, soundtracknya enak-enak! Aku nggak tahan nunggu nonton di Channel M, jadi aku langsung download sampe selesai, hehehe. Emang jujur sih cowoknya jauh lebih tua dari Sooyoung, tapi kalau cowok muda yang ganteng udah terlalu mainstream, feelnya tetep dapet~ Character Sooyoung di drama ini lucu banget, kalau cantik nggak usah di tanya lagi deh. Bagi yang suka ngincer fashion dari drama bisa liat Sooyoung di drama ini. Actingnya patut di acungi jempol! Semua actornya cocok dengan perannya masing-masing. Banyak cameo yang jadi client, contohnya Taemin Shinee atau Lee Gwangsoo Running Man. WORTH TO WATCH DEH, di jamin nggak bakal sia-sia 🙂

15. I Hear Your Voice (2013)

230px-I_Hear_Your_Voice_Official_Poster

“The mouth can lie, but the mind can’t.”

Title: 너의 목소리가 들려 / Neoui Moksoriga Deulryeo
Also known as: I Can Hear Your Voice
Genre: Romance, fantasy, comedy, thriller, crime, mystery
Episodes: 18
Broadcast network: SBS
Director: Jo Soo-Won
Writer: Park Hye-Ryun

Sinopsis:
Sebuah film thriller drama ruang sidang dengan fantasi dan elemen komedi romantis. Menceritakan tentang kisah Park Soo Ha (Lee Jong Suk) seorang anak SMA yang bisa mendengar pikiran orang lain setelah kecelakaan mobil saat ia masih kecil. Ia hidup secara mandiri setelah kehilangan ayahnya dalam kecelakaan tersebut. Setelah kecelakaan itu terjadi ayahnya masih sadar, namun Min Joon Gook (Jung Woong In) sang penabrak malah memukulinya hingga meninggal. Nyawa Park Soo Ha pun hampir terenggut namun secara tidak sengaja Jang Hye Sung (Lee Bo Young) dan Seo Do Yeon (Lee Da Hee) memergoki pembunuhan tersebut. Pada akhirnya Min Joon Gook dipenjarakan setelah Jang Hye Sung menjadi saksi mata dan memberikan bukti foto yang ia ambil. Sayangnya Min Joon Gook bersumpah akan membalas dendam pada Jang Hye Sung dan Park Soo Ha setelah ia keluar dari penjara. Bagaimana nasib Jang Hye Sung dan Park Soo Ha?

Review:
BEST DRAMA OF 2013! Meskipun tahun 2013 ini ditutup dengan drama-drama yang booming banget, tapi nggak ada yang bisa ngalahin I Hear Your Voice! Plot ceritanya yang nggak begitu ketebak, endingnya yang bikin bertanya-tanya, terus case pengadilan yang bikin gigit jari, ditambah dengan kegantengan LEE JONG SUK. Semuanya complete! Hahaha~ Rating dari drama ini juga selalu di puncak. Mungkin buat yang suka drama romcom ringan, drama ini bukan pilihan yang tepat, karena ceritanya yang cukup berbobot dengan segala masalah pengadilan. Actionnya juga nggak kalah keren kok. Worth to watch banget!

16. Good Doctor (2013)

Good_Doctor-p1“If they were to heal another person’s wounds, they themselves should know what being hurt is.”

Drama: Good Doctor
Revised romanization: Goot Dakteo
Hangul: 굿 닥터
Director: Ki Min-Soo, Kim Jin-WooWriter: Park Jae-BumNetwork: KBS2Episodes: 20
Genre: Medical drama, Romance, Comedy

Sinopsis:
Park Shi On (Joo Won) memiliki kekurangan mental sedari ia kecil. Masa kecilnya yang sangat buruk membuat mentalnya semakin buruk. Sampai pada saat kakak satu-satunya yang sangat menyayanginya meninggal tepat di hadapannya Park Shi On kecil bertekad untuk menjadi seorang dokter yang bisa menyembuhkan orang lain. Ia belajar dengan seorang professor yang pada saat itu sedang bekerja di desa tempat ia tinggal. Professor yang mengajari Park Shi On menemukan kelebihan di dalam diri Park Shi On. Ia mampu menghafal segala sesuatu yang ia baca secara detail. Akhirnya ia tumbuh besar bersama professor, lalu direkomendasikan untuk bekerja di Rumah Sakit tempat professor itu bekerja. Apa yang akan terjadi pada Park Shi On selanjutnya?

Review:
Akting Joo Won disini bisa diacungi jempol. Ia benar-benar menyampaikan perasaan juga karakter Park Shi On disini. Yang lebih kerennya lagi, Choi Ro Woon aktor cilik yang memerankan Park Shi On ketika kecil patut diacungi banyak jempol! You won’t believe it! Seorang anak berumur 6 tahun (7 tahun umur Korea), bisa memerankan karakter seorang anak yang cacat mental dengan sangat baik. Mungkin ini drama bergenre medical pertama yang aku tonton. Di infonya sih genrenya romcom, tapi menurut aku comedynya nggak terlalu banyak. Drama ini bisa dibilang cukup berat, dengan segala informasi kedokteran yang kadang bikin bingung. Tapi memang banyak banget hal baik yang bisa kita ambil dari drama ini. Jadi karena itulah drama ini masuk kedalam list recommended drama. Worth to watch!

17. Master’s Sun (2013)

q65f

“When the heart is not being precise, the pain will give the answer”

Title: 주군의 태양 / Joogoonui Taeyang
Also Known As: Master’s Sun
Genre: Horror, Fantasy, Romance, Comedy
Episodes: 17
Broadcast Network: SBS

Sinopsis:
Seorang perempuan yang dapat melihat hantu dan seorang laki-laki yang mulai mempercayai perempuan itu. Joo Joong Won (So Ji Sub) adalah seorang CEO yang nafsu akan harta. Dia menhubungkan segala kehidupannya dengan uang, bahkan hubungan personalnya juga. Tae Gong Sil (Gong Hyo Jin) adalah sekertaris yang gampang menangis saat hantu-hantu di sekitarnya. Sifat nya cukup gelap.  Sesaat setelah ia kecelakaan, ia mulai bisa melihat hantu dan tidak bisa tidur nyenyak.

Review:
Drama Hong Sister! Bagi yang belum tau siapa itu Hong Sister, bisa googling. Mereka itu penulis drama-drama yang sukses, cari deh. Drama yang bergenre horror gini jarang banget kan ya? Jadi ini bikin aku penasaran. Buat aku Horror (genre yang jarang) + Fantasy RomCom udah paling fix deh pokoknya! Setiap episodenya menceritakan kisah yang berbeda-beda. Bikin penasaran deh! Believe it or not, i watched it 1,5 days! Plus tidur, sholat, makan dll. Hahaha… Gini nih kalau lagi ketagihan nonton KDrama dan lagi ada waktu luang. Pasti di sempet-sempetin. Buat yang takut sama horror gini, nggak terlalu aku recommend sih soalnya episode awal-awal emang ngagetin banget. Tapi episode kesana-sana nya nggak ngagetin lagi, cuma rada serem aja make up nya hehehe 🙂 Worth to watch banget! Pantengin terus SBS, drama nya lagi rame-rame!

18. The Heirs (2013)

800px-The_heirs_cover

“The one who wants the crown, bears the crown”

Title: 왕관을 쓰려는자, 그무게를 견뎌라 – 상속자들 / Wangkwaneul Sseuryeoneunja, Geumoogereul Gyeondyeora – Sangsokjadeul
Also known as: The Inheritors / The One Trying to Wear the Crown, Withstands the Weight – The Heirs
Genre: Romance, youth, school, melodrama, comedy
Episodes: 20
Broadcast network: SBS
Director: Kang Shin-HyoBoo Sung-Chul
Writer: Kim Eun-Sook

Sinopsis:
Sebuah kisah komedi romatis tentang pelajar-pelajar sekolah menengah atas yang hidup dalam kekayaan, mempelajari cinta dan persahabatan. Kehidupan Kim Tan (Lee Min Ho) berubah setelah ia bertemu secara tidak sengaja dengan Cha Eun Sang (Park Shin Hye), seorang perempuan yang hidup dalam keluarga menengah kebawah. Terjalinlah kisah percintaan antara Kim Tan dan Cha Eun Sang di dalam kehidupan mereka yang berbeda 180 derajat.

Review:
Honestly, drama ini menarik banget di awal cerita, tapi lama-kelamaan jadi membosankan. Alasan aku terus nonton drama ini sampai selesai adalah, LEE MIN HO, KIM WOO BIN, dan beberapa aktor dan aktris lainnya. Plot ceritanya? WAAAAY TOO CLICHE! Seperti cerita Cinderella. I DO recommend this drama FOR KPOPPERS, tapi bukan untuk orang-orang yang menantikan cerita yang menarik. Besides, drama ini booming banget di Korea akhir tahun ini. So, must watch~

 

Recommended K-dramas (2014-2015)
~ with ♥, Author

Advertisements

3 responses to “Recommended K-Dramas (2010-2013)

  1. You post interesting content here. Your website deserves much more visitors.
    It can go viral if you give it initial boost, i know
    useful service that can help you, just search in google: svetsern traffic tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s